• Sabtu, 06 Oktober 2012

      Klasifikasi Hadits Sahih ( Bag : 7)


      Hadits sahih dibagi menjadi dua bagian :

      sahih li-dzatih dan sahih li-ghairih.

      Sahih li-dzatih adalah hadits sahih yang memenuhi syarat-syarat hadits sahih diatas.

      Sahih li-ghairih adalah hadits sahih yang diantara perawinya ada yang kurang dlabith, tetapi mempunyai sanad lain yang lebih dlabith.

      B. Hadits Hasan

      Hadits hasan adalah hadits yang dinukilkan oleh seorang adil, (tapi) tak begitu kokoh ingatannya (kurang dlabith), bersambung-sambung sanadnya dan tidak terdapat ‘illat serta kejanggalan pada matannya.

      Klasifikasi hadits hasan : hasan lidzatih dan hasan li-ghairih.

      Hadits hasan li-dzatih adalah hadits hasan yang memenuhi syarat hadits hasan diatas.

      Hadits hasan li-ghairih adalah hadits yang sanadnya tidak sepi dari seorang yang tidak nyata keahliannya, bukan pelupa yang banyak salahnya, tidak tampak adanya sebab yang menjadikannya fasik dan matan haditsnya adalah baik berdasarkan periwayatan yang semisal dan semakna dari sesuatu segi yang lain.

      Hadits hasan derajadnya dibawah hadits sahih.

      Menurut Imam Turmudzi dan Ibnu Taimiyah hadits hasan adalah hadits yang banyak jalan datangnya dan tidak ada dalam sanadnya yang tertuduh dusta dan tidak pula janggal (syadz).

      Dibawah hadits hasan ada yang lebih rendah derajadnya yaitu hadits dhaif.

      Menurut Imam Nawawi : “Hadits dhaif yang banyak jalan dan saling menguatkan bisa naik menjadi hadits hasan”. Yaitu hasan li-ghairih, tapi ke dhaifannya bukan karena ada rawi yang tertuduh dusta atau fasiq. Maka dengan demikian dapat diamalkan berdasarkan kumpulannya, bukan berdasarkan kepada satu per satunya.

      C. Hadits Dhaif

      Hadits dhaif adalah hadits yang kehilangan satu syarat atau lebih dari syarat-syarat hadits sahih atau hadits hasan.

      Berdasarkan dapat diterima atau ditolak sebagai hujjah hadits diklasifikasikan menjadi dua yaitu :

      a. Hadits Maqbul : yaitu hadits yang dapat diterima

      b. Hadits Mardud : yaitu hadits yang ditolak dan tidak dapat diterima.
      Hadits sahih dan hasan adalah hadits yang maqbul.

      Yang termasuk hadits mardud (ditolak) adalah segala macam hadits dhaif

      Klasifikasi hadits dhaif :

      a. Dari jurusan sanad, dibagi dua

      Pertama : Cacat pada rawi, tentang keadilan dan kedlabitannya.

      Kedua : Sanadnya tidak bersambung, karena ada rawi yang digugurkan atau tidak bertemu satu sama lain.

      Pertama, cacat pada keadilan dan ke dlabitan rawi ada 10 macam :

      1. Dusta, hadits dhaif yang karena rawinya dusta, disebut Hadits maudlu’

      2. Tertuduh dusta, hadits dhaif yang rawinya tertuduh dusta disebut hadits matruk.

      3. Fasik, yaitu pelaku dosa besar, atau melakukan dosa kecil dengan terang-terangan dan sering.

      4. Banyak salah, yaitu dalam meriwayatkan haditsnya.

      5. Lengah dalam hafalan, hadits dhaif yang karena rawinya fasik, banyak salah dan lengah disebut hadits munkar.

      6. Banyak purbasangka (waham), hadits dhaif yang karena rawinya waham disebut hadits mu’allal.

      7. Menyalahi riwayat orang kepercayaan;

      - Dengan penambahan suatu sisipan, disebut hadits mudraj.

      - Dengan memutarbalikkan, disebut hadits maqlub.

      - Dengan menukar-nukar rawi, disebut hadits mudltharib.

      - Dengan perubahan syakal huruf, disebut hadits muharraf.

      - Dengan perubahan titik-titik kata, disebut hadits mushahhaf.

      8. Tidak diketahui identitasnya (jahalah), disebut hadits mubham.

      9. Penganut bid’ah (sekte sempalan), hadits dhaif yang rawinya penganut bid’ah disebut hadits mardud.

      10. Tidak baik hafalannya, disebut hadits syadz dan mukhtalith.

      Kedua : Cacat karena sanadnya ada yang gugur :

      1. Yang digugurkan sanad pertama, disebut hadits mu’allaq.
      2. Yang digugurkan sanad terakhir (sahabat), disebut hadits mursal.
      3. Yang digugurkan dua orang rawi atau lebih berturut-turut, disebut hadits mu’dlal.
      4. Yang digugurkan tidak berturut-turut, disebut hadits munqathi.

      b. Dari jurusan matan, dibagi dua :

      1. Hadits mauquf, yaitu hadits yang disandarkan hanya sampai kepada perkataan sahabat tidak sampai kepada Nabi, misalnya “Berkata Umar …..”
      2. Hadits maqthu’, yaitu hadits yang disandarkan hanya sampai kepada perkataan tabi’in, misalnya, “Berkata Said Ibn Musayyab ….. “

      Pembagian hadits berdarkan banyaknya jalur periwayatan (sanad)

      a. Hadits Mutawatir
      b. Hadsis Masyhur
      c. Hadits Ahad

      - hadits azis

      - hadits gharib

      Hadits Mutawatir adalah hadits yang diriwayatkan oleh banyak orang yang tidak mungkin bahwa mereka itu telah sepakat untuk berdusta. Syarat hadits mutawatir :

      1. Hadits yang diriwayatkan berdasarkan pendengaran atau penglihatan sendiri, bukan dari hasil pemikiran, rangkuman atau dugaan.

      2. Jumlah rawi-rawinya harus mencapai bilangan yang mampu mencapai ilmu’dl-dlarury (meyakinkan).

      3. Ada keseimbangan antara rawi-rawi dalam lapisan pertama dengan jumlah rawi-rawi pada lapisan berikutnya. Misalnya ada hadits yang diriwayatkan oleh 10 orang sahabat kemudian diriwayatkan oleh 5 orang tabiin dan seterusnya diriwayatkan oleh 3 orang tabi’it-tabi’in maka hadits tersebut tidak termasuk hadits mutawatir, karena jumlah rawi-rawinya tidak seimbang antara lapisan pertama dengan lapisan kedua dan ketiga.

      Kitab yang menghimpun segala hadits mutawatir yang terkenal adalah kitab Al-Azharu’l Mutanatsirah fi’l Akhbari Mutawatirah, karya Imam As Suyuthi (911 H).

      Hadits mutawatir memberi faedah ilmu-dlarury, yakni meyakinkan dan harus menerimanya bulat-bulat sesuatu yang diberitakan oleh hadits mutawatir karena membawa kepada keyakinan yang qoth’i (pasti). Rawi-rawi hadits mutawatir tidak perlu lagi diselidiki tentang keadilan dan kedlabithannya.

      Hadits Masyhur adalah hadits yang terdiri lapisan perawi yang pertama atau lapisan kedua, dari orang seorang, atau beberapa orang saja. Sesudah itu barulah tersebar luas, dinukilkan oleh segolongan orang yang tak dapat disangka bahwa mereka sepakat untuk berdusta. Jumhur ulama hadits mensyaratkan minimal 3 orang perawi.

      Ulama-ulama mazhab hanafi men-takhsis-kan (meng khusus kan) ayat Al-Qur’an yang umum dengan hadits masyhur ini dan menambah hukum-hukum yang belum terdapat dalam Al-Qur’an. Hadits ahad yang belum mencapai derajad hadits masyhur tidak dapat digunakan untuk fungsi ini.

      Imam Malik menjadikan hadits ahad pen takh sis Al-Qur’an dengan syarat jika dikuatkan oleh amal penduduk Madinah atau oleh Qiyas.

      Imam Syafii dan Imam Ahmad Bin Hanbal menggunakan hadits ahad untuk mentakhsis ayat Al-Qur’an.

      Hadits Ahad adalah segala hadits yang diriwayatkan oleh orang seorang atau dua orang atau lebih tetapi tidak cukup terdapat sebab-sebab yang menjadikannya masyhur.

      Hadits Azis adalah hadits yang rentetan perawinya terdiri dari dua-dua orang atau pada suatu tingkat terdiri dari dua-dua orang saja.

      Hadits Garib adalah hadits yang dalam sanadnya ada seorang rawi yang menyendiri, di lapisan mana saja penyendirian dalam sanad itu terjadi.

      Berkata Imam Ahmad Bin Hanbal : “Jangan kamu mencatat hadits hadits gharib, lantaran hadits-hadits gharib itu mungkar-mungkar dan pada umumnya berasal dari orang-orang lemah”.

      Pembagian Hadits yang bersambung sanadnya :

      a. Hadits Musnad, yaitu tiap-tiap hadits marfu’ yang sanadnya bersambung

      b. Hadits Muttashil/Maushul, yaitu hadits yang bersambung sanadnya, ada yang marfu’, mauquf atau maqthu’

      ( Bersambung ke Bag : 8 )

      0 komentar:

      Posting Komentar

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news